Senin, 02 Januari 2017

Tips Cara Menghemat Uang Ala Mahasiswa



Tips Cara Menghemat Uang Ala Mahasiswa
1. Buat Daftar Skala Prioritas
Hal ini penting untuk menentukan kebutuhan mana yang harus sobat penuhi segera dan mana yang bisa ditunda. Sehingga kebutuhan dasar Anda tidak terlewatkan, jangan sampai Anda bisa membeli baju mahal, namun selanjutnya Sobat tidak makan selama seminggu,hehe...
2. Tahan Godaan Shoping dan Jeng-Jeng
Pas waktu baru dapet kiriman, pasti sobat seringkali pergi belanja maupun jeng-jeng, kadangkala pas liat barang bagus sobat ngebet beli padahal uangnya buat jatah sebulan. Biasanya sobat selalu berpikir "alah, sudahlah urusan ntar gampang."Ujung-ujungnya sebelum jatuh tempo sobat bingung deh cari pinjeman sana-sini..
3. Masak Sendiri
Jika kondisi kos yang sobat tempati memungkinkan, masaklah sendiri. Belilah rice cooker untuk menanak nasi sehingga sobat cukup ke warung untuk membeli lauknya saja. Malah lebih irit lagi jika sobat bawa beras dari rumah sendiri,hehe..
4. Mencuci pakaian sendiri 
Jika kos sobat memiliki tempat untuk menjemur dan menyuci, cucilah pakaian sendiri, lumayan sobat bisa irit Rp. 3500 per kilonya, Lumayan buat tambahan makan.hehe.. belum lagi laundry harus menunggu waktu hingga 3-4 hari baru jadi.
5. Pulang Kuliah Langsung Balik Kost
Nah, jika sobat uangnya menipis, selesai kuliah sobat langsung balik kost saja, langsung tidur aja, tolak ajakan teman-teman secara halus, klo perlu jujur saja kalau kamu lagi KANKER, jika temenmu lagi ada siapa tahu dapat pinjeman, atau traktiran barangkali.
6. Bawa Bekal Sendiri
Bagi sobat cewe pasti udah biasa nih bawa ginian, dengan botol bermerk Kupperware atau apalah...namun sobat cowok pasti pada malu membawa bekal minuman atau makanan dari kost, nah caranya sobat cari botol Akua yang kosong diisi dengan air galon dikost. nah lebih hemat tho.. :)
7. Hunting Warung Murah
Jika sobat gag memungkinkan untuk masak, coba cari warung-warung murah, tanya pada kakak-kakak kost yang uda lama disini.
8. Berhenti Merokok
Jika merokok untuk gaya-gayaan mending berhenti deh,, lumayan tuh jika perhari sebungkus, perbungkusnya Rp. 15.000 kalikan saja selama sebulan, kamu bisa menghemat Rp. 450 ribu lhooo...
9. Biasakan Kalo Makan Bungkus
Bagi sebagian cowo pasti ada perasaan gag enak jika makan dibungkus, entah itu malu atau apa.. namun kamu bisa cari warung yang isinya cuma cowo. dengan bungkus kamu bisa sedikit lebih hemat. Coba aja bungkus nasi rames atau sego kucing dua saja, cuma habis Rp. 4000 minumnya air putih dikost-an saja.hehe..
10. Bawa Uang Secukupnya
Jika di dompet masih banyak uang kuning atau biru, pasti godaan belanja atau beli sesuatu yang tidak perlu sebenarnya selalu muncul. Selalu bawa uang seperlunya di dompet, simpan yang aman uang lebihannya, bisa juga dengan acara meminjamkan ke teman, lumayan investasi.
11. Aktif Organisasi
Memang aktif organisasi mesti meluangkan banyak waktu, tenaga, dan pikiran, namun itu setara dengan yang didapatkan sobat, apalagi pas rapat, buat acara, dll pasti seringan ada makan bareng pake uang Organisasi alias Gratiss.

12. Ikut Seminar Gratis
Coba cari agenda apa dikampusmu yang tidak mengeluarkan uang alias gratis. Lumayan kan jika sobat dapat Snack ato bahkan makan gratis Prasmanan untuk kelas seminar nasional. hmm..
13. Sering-seringlah Maen Kerumah Teman
Jika sobat punya teman yang asli sini, yang pastinya gag kost dan hidup bareng orang tuanya. sering-seringlah maen atau silaturrahmi ketempatnya. List teman yang rumahnya dekat sobat buat jadwal mainnya. wah bisa-bisa dalam waktu seminggu sobat bisa makan gratis terus. :D
14. Cari Teman yang Ulang Tahun
Jika ada temanmu yang Ultah mintai traktir, tapi jangan datang dengan teman sekampus,hehe.. Datanglah sendiri atau berdua pasti ditraktir, setahun sekali lho ya...
15. Beli Mie Instan Se-kardur
Disaat tanggal tua Mie instan bisa menjadi andalan, cuma Rp.2000 perbungkusnya jika seharian makan mie Instan kamu cukup mengeluarkan uang Rp4000. Apalagi jika kamu langsung beli sekardus, bisa sekalian buat bisnis di kost nih jika ada teman yang membeli.
16. Kerja Sampingan
Jika sobat memang merasa uang sakumu tidak cukup untuk kebutuhan hidup sehari-hari sobat perlu sedikit usaha cari kerja sampingan. Sobat bisa jadi pelayan diwarung kopi malam atau SPG Event yang waktunya tidak menumbuk kuliah.
17. Puasa Sunnah
Nah bagi kamu yang uda biasa puasa tak menjadi soal, kamu malah bisa mencoba puasa IRIT yakni Dawud sehari puasa-sehari tidak, Mintalah ijazah kyai atau ustad.Untuk kamu yang belum biasa puasa cukup belajar dari senin-kamis saja. banyak lho manfaatnya (googling aja..hehe)
18. Menabung
Nah dari ke 14 tips diatas ini yang paling sulit. menabung disaat kebutuhan seabrek dan uang pas-pasan. Namun kamu bisa mencoba dengan menyimpan perhari duaribu, kalau bisa rutin naik jadi limaribu. coba kaliakn aja sebulan, lumayan kan hasil tabungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar